Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar

  • Muhammad Syahrul Munir Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Wahid Murni Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Siti Sulaikho Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang
  • Mohammad Shohibul Anwar Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Evaluasi, Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Kurikulum pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting dalam membentuk potensi peserta didik dalam menguasai keahlian kalam, dan kitabah bahasa Arab. Oleh karena itu, evaluasi terhadap kurikulum tersebut perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas dan relevansi kurikulum tersebut terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat. Teknik penelitian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai pandangan dan pengalaman dari para pengajar dan siswa terkait dengan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar. Observasi kelas digunakan untuk melihat langsung bagaimana kurikulum tersebut diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi tertulis seperti silabus, buku-buku teks, dan materi pembelajaran. Proses Analisis data yang diperoleh dari wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Data dianalisis dengan cara mengidentifikasi tema dan pola dari data yang telah dikumpulkan. Data yang telah diidentifikasi kemudian dikategorikan dan diklasifikasikan berdasarkan tema-tema utama yang muncul. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan induktif, yaitu mengumpulkan data dan mengembangkan konsep dan teori dari data yang telah dikumpulkan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar perlu dikembangkan agar lebih efektif dan relevan

References

Al-Mansour, N, and A Al-Shorman. A Proposed Competency-Based Curriculum, 2008.
Arends, Richard, and Sharon Castle. Learning to Teach. Vol. 2. McGraw-Hill New York, 1991.
Arifin, Zainal. “Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi Dan Inovasi,” 2012.
Chobot, Mary C. “Improving the Qualitiy of Continuing Education.” IFLA Journal 15, no. 3 (1989): 210–17.
Gala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2005.
Hamalik, Oemar. “Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
———. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2020.
Hidayat, Ahmad Fadhel Syakir. “‘Al-Arabiyyah Baina Yadaik’ Textbook (An Evaluative Descriptive Analysis Study).” Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2019.
Indonesia, PRESIDEN REPUBLIK. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Cipta Jaya, 2005.
Pendidikan Nasional, Menteri. “Undang Undang No 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional,” 2010.
Sukardi, Ismail. “Model-Model Pembelajaran Modern.” Palembang: Tunas Gemilang Pers, 2013.
Zaini, Muhammad. Pengembangan Kurikulum, 2020.
Published
2023-05-12
How to Cite
Munir, M., Amrullah, A., Murni, W., Sulaikho, S., & Anwar, M. (2023). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar. Borneo Journal of Language and Education, 3(1), 67-86. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i1.6440