Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Baca Al- Qur’an di PAUD IT Griya Auladi

  • Sunanik Sunanik IAIN Samarinda
  • Siti Julaiha IAIN Samarinda
  • Yanti Yanti IAIN Samarinda
Keywords: Implementasi Metode Qira’ati, Pembelajaran Baca Al- Qur’an

Abstract

Latar belakang terangkatnya penelitian ini karena keberhasilan PAUD IT ini dalam mengajarkan pembelajaran baca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan adanya pemilihan metode baca Qur’an yang dianggap tepat. Metode dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya proses belajar.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Metode Qiraa’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di PAUD IT tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang berjenis kualitatif yang bersifat deskriftif. Subjek penelitian berasal dari data primer dan data skunder. Data primer berasal dari Kepala Sekolah dan Guru Kelas dan sumber data skunder berasal dari dokumentasi PAUD IT. Tehnik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dukomentasi. Analisis data mengunakan data kualitatif melalui aktivitas reduksi data penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian perencanaan Implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IT ini, Proses pembelajaran mengunakan model tema yang didalam satu hari ada beberapa pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran baca Al-Qur’an mengunakan metode Qira’ati. Pelaksanaan metode Qira’ati dalam pembelajran baca Al-Qur’an dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan jumlah 14 pendidik yang diteliti, pembelajaran awal pendidik mengucap salam dan dijawab oleh peserta didik, pendidik mencontohkan pokok pembelajaran. Kegiatan inti membaca Ta’audz dan Basmalah, mengaji secara Klasikal, Individual dengan kartu peraga kecil, besar kemudian mengaji individual mengunakan buku jilid. Kegiatan akhir Penilaian atau evaluasi kemudian membaca Tasdiq dan do’a sebelum pulang secara bersama-sama.

References

Al Muhrim https://mutiaraalhikmah.wordpress.com/artikel/keutamaan-belajar-dan-mengajarkan-al-quran/ di akses tgl 4 agustus 2019
Dachlan Salim Zarkasyi, Metode Praktis belajar Al-Qur’an. Semarang Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudhatul Mujawwidin, 1990
Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, Jakarta:PT Bumi Aksara, 2016.
Imam Murjito, Pedoman Metode Praktis Pengajaran Ilmu Al-Qur’an Qiro’ati, Semarang: Pendidikan Al-Quran Metode Qiro’ati, 2011
Mulyasa, E. Menajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Nur Shodiq Achrom. “Pendidikan Dan Pengajaran Al-Qur’an Sistem Qoidah Qiro’ati” Semarng: Tim Pempina Al-Qur’an Metode Qiro’at.
Sugiono, Metode Penelitian & Pengembangan, Bandung: Alfabeta, 2016
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:Alfabet, 2015.
Undang-undang Sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 14.
Published
2021-06-07
How to Cite
Sunanik, S., Julaiha, S., & Yanti, Y. (2021). Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Baca Al- Qur’an di PAUD IT Griya Auladi. Borneo Journal of Primary Education, 1(2), 115-122. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i2.4900

Most read articles by the same author(s)