Implementation of Student Teaching Ability in Field Work Practice at IAIN Samarinda

  • Ananiah Ananiah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Febriawan Fitriyanto Universitas Islam Negeri Sultan Adji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kemampuan mengajar, menyusun RPP, menggunakan metode, terampil membuka dan menutup pelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam bidang pengajaran pada praktek kerja lapangan. Adapun jenis penelitian dalam artikel ini yaitu deksriptif kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknil purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengajar memiliki rencana yang baik yaitu dengan membuat RPP sesuai standar proses, mampu melaksanakan pembelajaran dengan membuka pelajaran dengan baik, memberi penguatan dan keterampilan dalam mengelola kelas selama pelajaran berlangsung serta mampu menutup pelajaran dengan menyusun rangkuman materi bersama. Selama proses pembelajaran berlangsung mahasiswa yang mengajar pada praktek kerja lapangan menggunakan metode dan strategi yang sesuai dengan apa yang berlaku pada kurikulum sekolah tempat berlangsungnya praktek lapangan.

References

Budiman, Syahriah, dkk. 19-COVID: Pandemi dalam 19 Perspektif. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press. 2020.
Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.
Jakarta: Prenadamedia Group. 2016.
Ernanto, F. Henry. Gegara Pan(dem)ik: Terhimpit untuk Melejit. Semarang: Unika Soegijapranata. 2020.
Gusty, Sri, dkk. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis. 2020.
Halimatussa’diyah. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. Surabaya: CV Jakad Media Publishing. 2020.
Khomaeny, Elfan Fanhas Fatwa. Islam & IPTEKS. Tasikmalaya: Edu Publisher.
2019.
Lubis, M. Syukri Azwar. Materi Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Media Sahabat Cendekia. 2019.
Mamik. Metode Penelitian Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher. 2015. Nursobah, Ahmad. Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Jawa Timur: Duta Media Publishing. 2017.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung. 2020.
Qomarudin, M. Nur & Yusuf Bilfaqih. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish. 2015.
Rahmat. Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Bening Pustaka. 2019.
Sanjaya, Ridwan. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Unika Soegijapranata. 2020.
Suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. 2018. Vernanda, Rey Kevi Windy. Time Book Covid-19. Jawa Timur: Uwais Inspirasi
Indonesia. 2019.





Wijaya, Hengki. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Teologia Jaffray. 2018.

Winarno, F.G. COVID-19: Pelajaran Berharga Dari Sebuah Pandemi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 2020.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group. 2018.

Zein, Zelhendri & Syafril. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Prenada Media Group. 2017.


Skripsi
Isnawati, Nona. Skripsi Implementasi Program Pembelajaran Berbasis IT (E- Learning) Dalam Menumbuhkan Literasi Digital di SD Muhammadiyah Condongcatur. Diakses melalui http://digilib.uin-suka.ac.id, pada tanggal 22 Oktober 2020.

Kurniawan, Syafri. Skripsi Penerapan E-learning Melalui Aplikasi Zoom Pada Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemic Covid-19 (Studi SMA Yadika Bandar Lampung). Diakses melalui http://repository.radenintan.ac.id, pada tanggal 5 Maret 2021.

Wijaya, Desta Putra. Skripsi Implementasi E-Learning Di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Diakses melalui http://core.ac.uk, pada tanggal 12 Oktober 2020.


Jurnal dan Artikel
Buana, Dana Riksa. Jurnal Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Vol. 7 No. 3 2020. Diakses melalui
http://journal.uinjkt.ac.id, pada tanggal 12 Oktober 2020.

Dubin, Samuel S. Implications Of Learning Theories For Adult Instruction. Scholar Adult Education at Arizona State Univ. Volume XXIV. No.1. December 2015. Diakses melalui http://journals.sagepub.com, pada tanggal 03 Oktober 2020.

Firyal, Rifa Afiva. Artikel Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah. Universitas Lambung Mangkurat. 2020. diakses melalui https://osf.io.co.id, pada tanggal 16 Desember 2020.






Harto, Fajar Tri. Artikel Sejarah Perkembangan E-Learning. Diakses melalui http://academia.edu, pada tanggal 27 Oktober 2020.

Lisa, Nyimas. Jurnal Manajemen Program Life Skill di Rumah Singgah Al-Hafidz Kota Bengkulu. Vol. 1 No. 01 2017. Diakses melalui
http://ejournal.unib.ac.id, pada tanggal 10 Februari 2021.

Priyanto, Aris. Artikel Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Kegiatan Belajar Dan Mengajar Untuk Mencapai Tujuan Keterampilan Abad 21. BDK Jakarta Kementerian Agama RI. Diakses melalui https://bdkjakarta.kemenag.go.id, pada tanggal 15 Desember 2020.

Rohidin, Ryan Zeini. Jurnal Model Pembelajaran PAI Berbasis E-learning (Studi Kasus di SMAN 13 Jakarta). Vol. 11. No. 02. Tahun 2015. Diakses melalui
http://journal.unj.ac.id, pada tanggal 6 Maret 2021.

Sadikin, Ali. Jurnal Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Vol. 6 No. 02 2020. Diakses melalui https://online-journal.unja.ac.id/biodik, pada
tanggal 12 Oktober 2020.
Saefulmilah, Muhammad Ilham. Jurnal Hambatan-hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Vol. 2, No. 03, November 2020. Diakses melalui http://ejournal.stitpn.ac.id, pada tanggal 8 Maret 2021
Published
2020-12-10
How to Cite
Ananiah, Ananiah, and Febriawan Fitriyanto. 2020. “Implementation of Student Teaching Ability in Field Work Practice at IAIN Samarinda”. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 8 (2), 193-200. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.4281.