Manajemen Pembelajaran Daring di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda di Masa Pandemi Covid-19

  • Wardatun Nafisah UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Khojir UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda
  • Wildan Saugi UIN Sultan AJi Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Pentingnya manajemen dalamm suatu lembaga pendidikan dapat menentukan arah pendidikan yang ingin dicapai, namun pandemi covid-19 berdampak pada manajemen pembelajaran di perguruan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran yang dilakukan di FTIK (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) IAIN Samarinda pada masa pandemic covid-19. Subyek penelitian ini adalah Dekan, Wakil Dekan 1, Kepala Jurusan, Kepala Program Studi, Kepala TIPD, Bagian Perencanaan dan Keuangan IAIN Samarinda, dosen, dan mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran online dari kebijakan Kemendikbud, Rektor, hingga Dekan FTIK terkait sistem perkuliahan, media pembelajaran online, dan pembagian kuota telkomsel. (2) Pelaksanaan pembelajaran online dimulai dari kebijakan, pembagian kuota, dan realisasi RPP yang dibuat dosen meliputi kegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir. (3) Evaluasi pembelajaran online yang dilakukan oleh pengelola FTIK dan evaluasi proses pembelajaran online yang dilakukan oleh dosen selaku pengelola di dalam kelas.

 

Kata Kunci: pembelajaran, manajemen, covid-19

Published
2021-11-02
How to Cite
Nafisah, W., Khojir, K., & Saugi, W. (2021). Manajemen Pembelajaran Daring di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda di Masa Pandemi Covid-19. Borneo Journal of Islamic Education, 1(2), 155-164. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i2.3961

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>