Efek Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda

  • Lely Salmitha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil belajar siswa yang masih rendah. Dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa yang masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini dikarenakan siswa masih sulit membedakan daur hidup hewan seperti metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Penting bagi guru untuk menarik perhatian semua siswa serta menumbuhkan rasa keingintahuan siswa agar mendapatkan hasil belajar yang memuaskan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dengan menggunakan gambar-gambar yang konkrit dalam bentuk kartu/cerita. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian Pre-test Post-test Non Equivalent Control Group Design. Eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Quasi Experimental. Hasil dari N-Gain kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture yaitu 0,51 dan hasil dari N-Gain kelas kontrol menggunakan metode konvensional yaitu 0,34. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar IPA materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV di MI Sullamul Hidayah Samarinda.

References

Agil, Muhamad, Rabiatul Adawiyah, Nurhikmah Nurhikmah, Suhartini Suhartini, Lely Salmitha, Maulida Ulfa Hidayah, Nias Ay, and Ika Rahmi. ‘Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal’. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 1–5.

Agustina, Wulan. ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Picture and picture Pada Siswa Kelas III SD Islam Jami’atul Muttaqin Palaran Tahun Pembelajaran 2016/2017’. IAIN Samarinda, 2017.

Ari Susanti, Putu, and Ni Nyoman Kusmariyani. ‘Penerapan Model Picture and picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA’. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 2 (2017): 99–106.

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera, 2012.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2017.

Istarani. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 2012.

Maemunah, Siti. ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and picture Di MI Miftahul Ulum Braja Selebah Kec. Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018’. IAIN Metro, 2018.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Muhammad Rohan Saputra, Kautsar Eka Wardhana, Rahmad Effendy, Rahmatul Muthmainnah, and Trianisa Ayu Anastasya. ‘Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (31 December 2021). https://doi.org/10.21462/educasia.v6i3.126.

Nova, Ega Vilola Putri. ‘Pengaruh Penerapan Model Picture and picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD IT At-Taqwa Gumawang Kecamatan Belitang Kabupaten Oku Timur’. UIN Raden Fatah, 2018.

Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, Diva Ramadhan, and Munirohwati Munirohwati. ‘Diseminasi Pembelajaran Mikir Di Madrasah Ibtidaiyah’. SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 13–16.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2016.

Salmitha, Lely, Khaerul Saleh, and Nurliana Sardi. ‘EFEKTIVITAS MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 003 SAMARINDA’. Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1, no. 3 (2021): 133–44.

Sari, Deta Alvia. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa Di Kelas III SD Negeri 58 Kaur’. IAIN Bengkulu, 2019.

Shoimin, Aris. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Tanjung, Asro’i. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Picture and picture Terhadap Motivasi Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas 4 Di SDIT AL QALAM Bengkulu Selatan’. IAIN Bengkulu, 2021.

Utami, Retno Setya. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Picture and picture Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Peserta Didik Kelas IV Di MI Ismaria Al-Qur’aniyyah Bandar Lampung’. UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Widyawati, Wiwik Yully. ‘Keefektifan Model Pembelajaran Picture and picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas’. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 2, no. 2 (2019): 226–41.

Yuliastanti, Dini, and Ulhaq Zuhdi. ‘Penerapan Model Pembelajaran Picture and picture Untuk Meningkat Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar’. Jpgsd 02 (2014): 1–10.

Published
2022-10-03
How to Cite
Salmitha, L., & Kadir, M. (2022). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 115-130. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.6211

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2