Meningkatkan Keterampilan Orang Tua dalam Menumbuhkan Kecintaan Anak pada Al-Qur'an dengan Pelatihan Parenting
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan parenting di RA Ishlahul Ummah Samarinda dalam mendidik anak mencintai Al-Qur'an dengan menghafal sejak dini. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan parenting di RA Ishlahul Ummah Samarinda efektif dalam mendidik anak mencintai Al-Qur'an dengan menghafal sejak dini. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hafalan Al-Qur'an, kemampuan membaca Al-Qur'an dengan tajwid yang benar, dan kecintaan anak terhadap Al-Qur'an.
References
Aprila, Galih Surya Darma. “Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” TAFANI: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 65–80.
Erhamwilda, Erhamwilda, Nurul Afrianti, Alma Husnu Tazkia, and Husna Mulyati. “Efektivitas Pelatihan Parenting Dalam Meningkatkan Pengetahuan Orang Tua Menyiapkan Generasi Qur’ani.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021): 793–800. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1329.
Irsyad, Mohammad, and Nurul Qomariah. “Proceedings of The 2 Nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education Strategi Menghafal AlQuràn Sejak Usia Dini” 2 (2017): 135–48.
Mandasari, Yunita, Ahmad Ahmad, Nanda Yulianti, Main Sufanti, and Laili Etika Rahmawati. “Penguatan Pendidikan Karakter Profetik Melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran Di Sumberjatipohon, Grobogan.” Buletin KKN Pendidikan 3, no. 1 (2021): 100–106.
Muhtarom, Ali. “Participation Action Research Dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak Di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 18, no. 2 (2019): 259–78.
Rosada, Rosada, and Sipa Sasmanda. “Pembiasaan Cinta Al-Qur’an Dan Hadist Pada Anak Usia Dini Untuk Membentuk Karakter Islami Siswa Pada Paud Nur Al-Banna Gerung.” Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 6, no. 1 (2018): 70–77.
Sunanih. “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari Perkembangan Bahasa.” Early Childhood : Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2018): hal. 1-12.
Susianti, Cucu. “Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi Halaman 2, no. 1 (2016): 1–19.
Tabrani, Z. A. “Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Quran Dengan Pendekatan Tafsir Maudhui.” Serambi Tarbawi 2, no. 1 (2014). http://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1224.