Peran Unit Pengembangan Bahasa (UPB) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

  • Dinda Suci Rahmadani IAIN Samarinda
Keywords: Peran, Unit Pengembangan Bahasa (UPB), Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Unit Pengembangan Bahasa pada setiap PTKIN Indonesia dan pembelajaran bahasa dilaksanakan pada semester awal, sehingga adanya UPB dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada mahasiswa jurusan PBA (Pendidikan bahasa Arab) untuk ke jenjang perkuliahan selanjutnya. Adapun untuk metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan metode campuran (mixed) yaitu mengkombinasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Sumber data penelitian pengurus UPB, dan mahasiswa PBA UINSI Samarinda semeter enam. Teknik pengumpulan data ialah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di UPB berperan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab mahasiswa PBA UINSI Samarinda. Hal ini dapat kita lihat dari hasil angket yang mana keseluruhan dari responden menyatakan bahwa pembelajaran bahasa Arab di UPB membantu mahasiswa untuk mengahadapi pembelajaran bahasa Arab pada semester selanjutnya dan pada uji korelasi juga menunjukkan diketahui rhitung = 0,893256646 dan rtabel = 0,1841, jadi maka 0,893256646 > 0,1841, maka kesimpulan akhir adalah antara variable UPB dan motivasi belajar terdapat hubungan.

References

أبو حطب، فؤاد "نمو الانسان من مرحلة الجنين الى مرحلة المسنين"‬‎.  مكتبة الانجلو المصرية 2008.مصري، الساحة 479‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬
فكري لطيف متولي, شتوي مبارك القحطاني عوبات التعلم للمبتكرين والموهوبين(مصر : 2016 المنحال)39
أحمد درويش مؤذن." معايير للتفوق في تعلم وتعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها‬‎". (أحمد درويش مؤذن:2020) الساحة 26‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬
Syaiful Rohim, Teori Komunikasi, (Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2009)
Catur B dan Atiek. Khazanah Antropologi Untuk Kelas XI SMA dan MA. (Jakarta: PT Wangsa Jatra Lestari, 2009).
EQ Admin, Quantum English, diakses pada tanggal 19 Februari pukul 16:31 WIB. Dari situs: http://englishquantum.com/kursus-bahasa-inggris/kebutuhan-bahasa-inggris-di-era-persaingan-global/
Randy Rinaldi, Pentingnya Belajar Bahasa Asing, 16 November 2013, diakses pada tanggal 29 Maret 2022 dari situs: http://randyrinaldi.co.id/2013/11/pentingnya-belajar-bahasa-asing_16.html
Pangewa, Maharuddin. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Penerbit UNM

Arif, Muh, and Awaliyah Musgamy. "PENGEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB: Studi Analisis Teori Motivasi Pembelajaran." A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 10.2 (2021): 326-334.

Prihatini, Retno Hardiati, “Metode Mubasyaroh Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Komunikatif (Al-Madkhal Al-Ittishaliy) Dalam Menunjang Kecakapan Berbahasa”.

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta, 2013
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Nurhidayah. 2016. Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Social Universitas Negeri Makassar. Makassar: Skripsi. FIS.UNM
Published
2021-08-12
How to Cite
Rahmadani, D. (2021). Peran Unit Pengembangan Bahasa (UPB) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Borneo Journal of Language and Education, 1(2), 140-150. https://doi.org/10.21093/benjole.v1i2.5485