Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimicry Memorization pada Siswa Kelas VA MI Al-Muna Samarinda
Abstract
Penguasaan kosakata sangat dianjurkan pada anak-anak dalam pemerolehan bahasa mereka. Maka dari itu, dalam pembelajarannya dibutuhkan suatu metode yang tepat. Keterbatasan waktu dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Al-Muna Samarinda membuat siswa kurang memahami pelajaran. Maka, pelajaran bahasa Arab yang diutamakan adalah pembelajaran mufradat, khususnya pada kelas VA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab dengan menggunakan Metode Mimicry Memorization pada Siswa Kelas VA MI Al-Muna Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data-data penelitian ini bersumber dari kepala madrasah, guru bidang studi bahasa Arab, wali kelas VA dan siswa-siswi kelas VA MI Al-Muna Samarinda. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data hingga kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran mufradat Bahasa Arab menggunakan metode Mimicry Memorization pada siswa kelas VA MI Al-Muna Samarinda telah membantu siswa dalam mempelajari setiap mufradat pilihan yang terdapat pada buku LKS hingga menghafalnya, yang mana target hafalan mufradat mereka ada 3 BAB untuk 1 semester yaitu 10 mufradat pilihan pada setiap awal BAB. Mufradat yang ditiru dan dilafalkan secara berulang-ulang telah memberikan dampak pemahaman pada siswa hingga terhapal. Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa pelaksanaan pembelajaran mufradat ini telah sesuai dengan teori-teori yang ada. Hal ini dapat dilihat dari prosedural pelaksanaanya itu sendiri yaitu guru menjelaskan beberapa materi/mufradat baru pada siswa beserta maknanya, siswa menirukan mufradat yang diucapkan oleh guru secara bersama-sama hingga terbiasa dan hafal, guru mengetes siswa untuk dibenarkan jika pengucapannya salah. Guru mereka juga memberikan contoh kalimat dan tugas menulis, yang mana akan membantu siswa dalam mengaplikasikan mufradat dengan lebih baik. Dengan demikian, siswa akan mampu menguasai mufradat yang telah dipelajarinya melalui metode ini dengan mudah.
References
شعيب، الدكتور حسين عبد الحليم. طرائق تدريس اللغة العربية في المراحل الإبتدائية والمتوسطة والثانوية. بيروت: دار اكتب العلمية. ٢٠١٥.
طعيمة، رشدي أحمد. تعليم العربية لغير الناطقين بها. مصر: جامعة المنصورة. ١٩٨٩.
عليان، أحمد فؤاد. المهارات اللغوية ماهيتها وطرائق تدريسها. الرياض: دار السلم. ١٩٩٢.
اللبودي، منى إبراهيم. فنياته واستراتجياته وأساليب تعليمه. القاهرة: مكتبة الذهبية. ٢٠٠٣.
مدكور، على أحمد. طرق تدريس اللغة العربية. عمان: دار مسيرة للنشر والتوزيع. ٢٠١٠.
مراجع اللغة الإندنيسية:
Arifin, H. Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1987.
Arifin, Muhammad. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 1996.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara. 1992.
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2004.
Hadi, Syamsul. Kata-Kata Arab Dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2015.
Indriantoro, Nur dan Supono, Bambang. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta. 2013.
Ismiati, Baiq dkk. Adaptasi dan Transformasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Tasikmalaya: Edu Publisher. 2021.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora. 2011.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2016.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2007.
Mustofa, Bisri dan Hamid, Abdul. Metode & Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press. 2012.
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press. 2011.
Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2016.
Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito. 1996.
Nuha, Ulin. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press. 2012.
Nuha, Ulin. Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: DIVA Press. 2016.
Payadnya, Putu Ade Andre. Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish. 2018.
Rusdi dkk. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah IAIN Samarinda. Samarinda: IAIN Samarinda. 2015.
Sholeh, Nur dan Nuha, Ulin. Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Yogjakarta: DIVA Press. 2014.
Stanton, Charles Michael. Pendidikan Tinggi Dalam Islam. Jakarta: PT Logos Publishing House. 1994.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2017.
Taufik. Pembelajaran Bahasa Arab MI. Cet. 4. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press. 2016.
Winarno, Surahmad. Pengantar Penelitian Dasar, Metode, Tehnik. Bandung: Penerbit Tarsito. 1998.
مجلة:
Afifah, Nor “Efektifitas Metode Mimicry Memorization Untuk Pembelajaran Mufradat di SMP Muhammadiyah”. Jurnal UMM. 2019.
Aini, Syarifah dan Mualim Wijaya. “Metode Mimicry Memorization (Mim-Mem Method) Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Peserta Didik Di Madrasah”. Palapa Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 6 No. 1. 2018.
Azizah, Hanifah Nur. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall”, dalam Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Budaya Arab. Edisi no. 1. Vol. I. 2018.
Hidayah, Nurul. “Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language”. Jurnal Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol. 1. No. 2. 2014.
Iqbal, Muhammad. “Penggunaan Metode Mim-mem untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara”. Jurnal Al-Mi’yar. Vol. 1. No. 2. 2018.
Kapoh, Ruty J. “Beberapa Faktor Yang Berpengaruh Dalam Penguasaan Bahasa”, dalam Jurnal Interlingua. Edisi no.1. Vol. IV. 2010.
Mufida, Nuril dan Imam Zainuddin. “Metode Pembelajaran Al-Ashwat”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Vol. 4. No. 2. 2018.
Musyarofah, Atiqatul. “Pengembangan Media Cicular Card Untuk Membelajarkan Kosakata Bahasa Arab Bagi Siswa”. Jurnal Tarbiyatuna. Vol. 1 No. 1. 2017.
Riyadi, Sugeng. Strategi Pembelajaran Bunyi Dan Mufrodat, dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid. Vol. 3. No. 2. 2014.
Sapri. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Antara Tradisional dan Modern”, Jurnal Insania: Pemikiran Alternatif Pendidikan. Vol. 13. No. 3. 2008.
Wasilah, Silvi Nurul. “Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Metode Mimicry Memorization (mim-mem) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Pokok Bahasan Mufradat Terhadap Siswa Kelas IV di MI Nurul Yakin Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung”. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati. 2018.
رسالة:
Putri, Fia Reza. “Pengaruh Metode Mimicry Memorization Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas IV di MIN 2 Pringsewu”. Skripsi. 2020.
Rahmi. “Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara”. Skripsi. 2018.
Ulfa, Zaimatul. “Implementasi Metode Mimicry Memorization Dalam Menghafalkan Kosakata Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas IV MI Al-Khoiriyah”. Skripsi. 2