Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas X di MAN 1 Kudus

  • Fitrotul Khasanah Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Azwar Annas Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Muthmainnah Muthmainnah Institut Agama Islam Negeri Kudus
Keywords: Metode Bernyanyi, Bahasa Arab, Kosakata

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab. 2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab siswa kelas X di MAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 M. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif sebagai metode untuk mengetahui fakta dan menganalisis data yang ada. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validasi datanya dilakukan melalui teknik memperpanjang observasi, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi data, dengan menggunakan metode analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab dapat diterapkan dengan baik dan efektif dalam proses pembelajaran. Penerapan metode ini diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan diakhiridengan evaluasi. 2) Kelebihan penerapan metode bernyanyi ini yaitu dapat membantu siswa dalam meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa arab dengan tanpa menghafal sekaligus mampu meningkatkan semangat belajar siswa, sedangkan kekurangannya yaitu membutuhkan banyak waktu, menjadikan pengetahuan bersifat teoritis, tidak cocok digunakan dikelas yang besar dengan jumlah siswa banyakkarena dapat mengganggu ketenangan kelas lain, kurang efektif diterapkan bagi siswa yang pendiam dan tidak suka bernyanyi. 3) Faktor pendukungnya yaitu sikap mental dan kemampuan guru dalam memilih serta menerapkan metode pembelajaran kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh guru dan siswa, serta media pembelajaran yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya yaitu guru harus meluangkan waktunya untuk menyiapkan penerapan metode bernyanyi dengan baik, guru harusmengikuti perkembangan jenis lagu yang disukai siswa, guru harus memiliki kemampuan untuk mengaransemen nada dan memilih kosakata yang dijadikan sebagai lirik lagu.

References

Al-Saman, Muhammad ’Ali. التوجيه في تدريس اللغة العربية. Thantha: Daar al-Ma’arif, 1983.
Azizah, Hanifah Nur. “Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall.” Al-Suniyat 1, no. 1 (2018): 2.
Bakr, Ahmad Husain. لغة القرآن :مسائلها وقضاياها. Bairut: al-Diwan, 2016.
Fahri. Peningkatan Ketrampilan Berbahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, 2007.
Fauziah, Rifa. “فعالية إستخدام الغناء على رغبة الطلاب في تعليم اللغة العربية.” UIN Walisongo, 2019.
Fithroh, Idatul. “Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Berbasis Media Gambar Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” UIN Walisongo, 2019.
Izzan, Ahmad. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora, 2009.
Khalid, Rusydi. “اللغة العربية كونها اللغة الدين الإسلامي واللغة العالمية.” Diwan: Jurnal Bahasa Arab Dan Sastra 5, no. 2 (2019): 137. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/diwan.v5i2.11078.
Khoiraini, Agus Shahibul. أوضح المناهج. Mesir: al-Azhar, 2007.
Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Muliawan. Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Musbikin, Imam. Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein. Yogyakarta: PT. Mitra Pustaka, 2007.
Muthmainnah, Azwar Annas. “Pemanfaatan Vlog Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Bagi Mahasiswa IAIN Kudus.” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 12, no. 2 (2020): 125.
Nurmalaysia, Aisi. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab.” Universitas Muhammadiyah Makasar, 2020.
Omar, Ahmed Mukhtar. علم الدلالة. Kairo: ’Alam al-Kutub, 1998.
Rumaningsih, Endang. Bahasa Indonesia. 3rd ed. Semarang: Triadan Jaya, 2006.
Syihatah, Hasan. تعليم اللغة العربية بين النظرية والتطبيق. Mesir: Mansyuraat al-Mandlumah al-Islamiyah li al-Tarbiyah wa al-’Ulum wa al- Tsaqafah, 1984.
Tajudin Nur. “Sumbangan Bahasa Arab Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Perspektif Pengembangan Bahasa Dan Budaya.” Humaniora 26, no. 2 (2014): 236.
Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Kosa Kata. Surakarta: Angkasa, 2011.
Thu’aimah, Rusyda Ahmad. تعليم العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأسالبه. Mesir: للتربية والعلوم والثقفة،Mansyurat al-Mandlumah al-Islamiyah li al-Tarbiyah wa al-Ulum wa altsaqafah, 1989.
هدايت, أحمد فاضل شاكر. “الكتاب الدراسي ‘العربية بين يديك’ دراسة تحليلية وصفية تقويمية.” الطموحات, 2019.
Published
2022-07-31
How to Cite
Khasanah, F., Annas, A., & Muthmainnah, M. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas X di MAN 1 Kudus. Borneo Journal of Language and Education, 2(1), 42-58. https://doi.org/10.21093/benjole.v2i1.6058