Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Maharah Kalam

  • Wiwit Rahma Wati Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Zainurrakhmah Zainurrakhmah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, Maharah Kalam

Abstract

Tujuan utama dari pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah adalah mengembangkan kemampuan berkomuninasi lisan, namun realita di lapangan menunjukkan bahwa siswa di MAN Pacitan belum memiliki kemahiran berbicara seperti yang diharapkan. Penyebab dari hal tersebut di antaranya adalah kurang sesuainya metode pembelajaran yang digunakan sehingga tidak mampu meningkatkan  ketertarikan mereka untuk belajara bahasa Arab. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang disarankan untuk digunakan guna meningkatkan motivasi siswa. Tujuan penelitian ini kemudian adalah untuk mengukur peningkatan kemahiran berbicara siswa MAN Pacitan yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek atau PjBL. Pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu digunakan dalam penelitian ini. Desain yang digunakan adalah desain non-equivalent control group. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional dan kelompok eksperimen yang menggunakan PjBL dalam pembelajaran. Tes wawancara dipilih sebagai instrument penelitian, karena valid untuk mengukur kemahiran berbicara. Tes wawancara berisi pertanyaa terkait dengan tema as-siyahah atau pariwisata. Data diambil dari hasil tes wawancara pre-test dan post-test untuk kedua kelompok. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk mengukur efektivitas penggunaan model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan Asymp. Sig nya adalah 0.03 dan kurang dari 0.05, artinya perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen, H1 diterima.

References

Ainin, Moh. Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Surabaya: Hilal Pustaka, 2010.
Anggara, Syamfa Agny. “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA.” Arabi : Journal of Arabic Studies 2, no. 2 (March 21, 2018): 186. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57.
An-Naqah, Mahmud Kamil. Ta’lim al-Lughoh al-‘Arabiyah Ususuhu Wa Ijra`atuhu. Mesir: Dar an-Nasyir, 1995.
Asrori, Imam, and Moh. Ainin. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.
Dajani, Basma Ahmad Sedki, Salwa Mubaideen, and Fatima Mohammad Amin Omari. “Difficulties of Learning Arabic for Non-Native Speakers.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 114 (February 2014): 919–26. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.808.
Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Keputusan Menteri
Agama Nomor 138 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada
Madrasah, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2019.
Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.
Hastang, Hastang. “UPAYA OPTIMALISASI MAHARAH KITABAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI AL-JUMLAH.” DIDAKTIKA 12, no. 1 (June 20, 2019): 62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.176.
Juhrani, Muhammad. “MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 3 AL-FURQAN BANJARMASIN” 2 (n.d.).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Model Pembelajaran Berbasis Proyek.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.
Klein, Joel I, and Santiago Taveras. “NYC Department of Education,” n.d.
Mahmoodi, Mohammad-Hadi, and Ismail Moazam. “Willingness to Communicate (WTC) and L2 Achievement: The Case of Arabic Language Learners.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 98 (May 2014): 1069–76. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.518.
Mali, Yustinus Calvin Gai. “EFL STUDENTS’ EXPERIENCES IN LEARNING CALL THROUGH PROJECT BASED INSTRUCTIONS.” TEFLIN Journal - A Publication on the Teaching and Learning of English 28, no. 2 (July 9, 2017): 170. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v28i2/170-192.
Sani, Ridwan Abdullah. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Thu’aimah, Rusydi Ahmad. Ta’lim al-Lughoh al-Arabiyah Lighoiri an-Nathiqina Biha: Manahijuhu Wa Asalibuhu. Mesir: Mansyurah al-Munaddzomah al-Islamiyah li at-Tarbiyah wa al-‘Ulum wa ats-Tsaqafah, 1989.
Tod, Stanley. At-Ta’allum al-Qaim ‘Ala al-Masyru’at Li Ath-Thulab al-Mauhubin: Dalil Li Ghurfati Shaff al-Qurun al-Hadiy Wa al-‘Isyrin. Riyadh: Syarikah al Ubaikan li at-Ta’allum, 2013.
Published
2022-07-31
How to Cite
Wati, W., & Zainurrakhmah, Z. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Maharah Kalam. Borneo Journal of Language and Education, 2(1), 59 - 70. https://doi.org/10.21093/benjole.v2i1.6088