Pembuatan Konten YouTube Sebagai Upaya Mempercepat Pemahaman Shorof

  • Siti Sulaikho Universitas KH. Abdul Wahab Hasbullah
  • Wildana Wargadinata Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nurhadi Nurhadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muhammad Syahrul Munir STIT Al-Muslihuun Blitar
Keywords: Shorof, Konten, YouTube

Abstract

Salah satu cara untuk mempercepat pemahaman terhadap shorof adalah pemberian tugas berupa membuat konten YouTube. Tugas membuat konten YouTube sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan abad 21 yang menyatakan bahwa pembelajaran harus mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam 5 hal, yaitu kreativitas dan inovasi, literasi teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi, memecahkan masalah dan kemampuan berpikir kritis, serta pembelajaran secara berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi terdiri dari 167 mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, Jombang. Teknik pengumpulan data berupa angket tertutup yang kemudian diolah berdasarkan skala pengukuran Likert 5 tingkat. Analisis data bersifat deskriptif yang berbentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: [1] 7% mahasiswa menyatakan bahwa pemberian tugas berupa membuat konten YouTube sangat mempercepat pemahaman terhadap shorof, [2] 30% menyatakan mempercepat pemahaman terhadap shorof, [3] 50% menyatakan cukup mempercepat pemahaman terhadap shorof, [4] 8% menyatakan kurang mempercepat pemahaman terhadap shorof, dan [5] 5% menyatakan tidak mempercepat pemahaman terhadap shorof.

References

Arrobiah, Ummul Fadhilah, Wahyu Hanafi Putra, and Kunti Nadiyah Salma. “Implementasi Program Tasyji’ul Lughoh Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Bahasa Inggris Siswa Kelas 6 SDMT Ponorogo.” Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kajian Linguistik 5, no. 2 (2022): 48–54. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/3224/1452.
Asiah, Zamroni, and Muhammad Khairul Rijal. “Pendidikan, Problematika Pembelajaran Nahwu Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab Di Lembaga Pendidikan Indonesia.” Borneo: Journal of Language and Education 2, no. 2 (2022): 170–85. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6104/2093.
Astina, Chairani, Rifqi Aulia Rahman, and Nurul Azizah. “Pantomim: Evalutainment Methods Dalam Peningkatan Efikasi Diri Maharah Al-Kalam Siswa Mts Terpadu Al-Kautsar.” Borneo: Journal of Language and Education 3, no. 1 (2023): 15–32. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6009/2090.
Islamiati, Salmah. “Korelasi Antara Kemampuan Bernalar Dengan Hasil Belajar Shorof Santri Madrasah Aliyah Kelas XI Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa.” Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 14, no. 1 (2022): 71–82. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/article/view/14898/pdf.
Khasanah, Fitrotul, Azwar Annas, and Muthmainnah. “Implementasi Metode Menyanyi Dalam Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas X Di MAN 1 Kudus.” Borneo: Journal of Language and Education 2, no. 1 (2022): 42–58. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6058/2089.
Nisa, Ummu Khairin, Ahmad Fadhel Syakir Hidayat, Muhammad Hammam Abdul Qoyyim, Aidillah Suja, Siti Kholifah Tunaimah, Nela Putri Yulianti, Muhammad Yoga Ananta Firdaus, and Edy Riski Mulyono. “Implementasi Metode Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda.” Borneo: Journal of Language and Education 2, no. 2 (2022): 109–21. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/5902/1989.
Putra, Asaas, and Diah Ayu Patmaningrum. “Pengaruh YouTube Di Smartphone Terhadap Perkembangan Komunikasi Interpersonal Anak.” Jurnal Penelitian Komunikasi 21, no. 2 (2018): 159–72. http://mail.bppkibandung.id/index.php/jpk/article/viewFile/589/303.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Edited by Sutopo. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2020.
Sulaikho, Siti, Renti Yasmar, and Amrini Shofiyani. “Permasalahan Mahasiswa Dalam Mempelajari Morfologi Bahasa Arab.” Al-Lahjah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kajian Linguistik 6, no. 1 (2023): 1–6. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/lahjah/article/view/3519/1539.

Tohari, Hamim, Mustaji, and Bachtiar S. Bachri. “Pengaruh Penggunaan YouTube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Teknologi Pendidikan 7, no. 1 (2019): 1–13. https://www.neliti.com/publications/286906/pengaruh-penggunaan-youtube-terhadap-motivasi-belajar-dan-hasil-belajar-mahasisw.
Wati, Wiwit Rahma, and Zainurrakhmah. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Maharah Kalam.” Borneo: Journal of Language and Education 2, no. 1 (2022): 59–70. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6088/2121.
Yunisa, Melinda. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Aspek Ilmu Nahwu Dan Shorof Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Labolatorium Jambi.” Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam 3, no. 2 (2022): 1–15. https://online-journal.unja.ac.id/Ad-Dhuha/article/view/19985/13945.
Published
2023-05-14
How to Cite
Sulaikho, S., Wargadinata, W., Nurhadi, N., & Munir, M. (2023). Pembuatan Konten YouTube Sebagai Upaya Mempercepat Pemahaman Shorof. Borneo Journal of Language and Education, 3(2), 138-147. https://doi.org/10.21093/benjole.v3i2.6443